Indonesia vs malaysia

No comment 99 views

Perhelatan olahraga akbar SEA Games telah di mulai pada 19 agustus lalu. Pembukan itu di tandai dengan pesta kembang api yang sangat meriah di stadion bukit jalil kuala lumpur malaysia. Para peserta mulai mengencangkan sabuknya untuk berlomba memenangkan perlombaan agar bisa membawa pulang medali emas sekaligus membawa pulang rasa bangga karena telah menghadiahkan kemenangan untuk negaranya. 
Namun ada insiden yang menggelitik hati para atlet sekaligus supoter dari Indonesia. Apakah itu?.. Ya benar sekali. Insiden bendera terbalik. Di beberapa media online tersebar pamflet atau leaflet SEA games dengan posisi bendera Indonesia yang terbalik antara merah dab putihnya. Sehingga lebih mirip dengan bendera monaco. Kita bisa mengatakan ini adalah ke alpaan dari desainer atau tukang cetak. Namun media yang menyebarkan apakah tidak melakukan koreksi pada apa yang akan dia sebarkan. 

Lalu selanjutnya ada beberapa insiden tentang perlombaan SEA games. Altlet sepak takraw dari Indonesia melakukan walk out karena merasa dirugikan oleh wasit malaysia. Wasit malaysia menggagalkan servis dari pemain Indonesia dan memberikan angka kepada tim malaysia hampir sebanyak 5 kali. Terang saja itu membuat para suporter dari indonesia geram terhadap perlakuan tidak adil tersebut. 

Akumulasi dari kemarahan suposter SEA games dari indonesia menjadi bola salju kemarahan yang terus membesar. Insiden kekurangan logistik dalam pelayanan para atlet juga membuat darah suporter semakin mendidih dan akhirnya pecahlah perang sosial media diantara kedua negara. Kalian bisa melihat perseteruan antara Indonesia VS malaysia di setiap kolom pertandingan antara tim Indonesia melawan tim dari malaysia. 

Hujatan dan makian ditujukan kepada tim tuan rumah. Sebaliknya tim tuan rumah pun menganggap hujatan ini adalah serangan terhadap eksistensi negaranya maka makian balik pun di lontarkan. Paduan antara kemarahan dan bela negara ini menjadikan kondisi nyaman antar negara menjadi meruncing. 

Kini tak hanya official boardcaster SEA games saja yang di penuhi suporter indonesia malaysia namun hampir seluruh forum membahas peperangan panas disosial media antara Indonesia vs malaysia. Sebagai tetangga bernegara kit perlu menjaga hati dan perasaan masing masing. Bila itu tetangga jauh maka mungkin kita tidak tahu karakteristiknya. Namun kita adalah tetangga dekat. Kita memiliki neneg monyang yang sama dari bangsa melayu. Memiliki ras yang sama dari bangsa arya. Seharusnya kita lebih dekat secara emosional dan lebih saling memaklumi.

Mari menjadi bangsa yang saling menghargai satu dengan yang lain. Jangan sampai urat permusuhan menjadi urat bangsa kita. 

author
No Response

Leave a reply "Indonesia vs malaysia"