wisata yang tak terjaga

No comment 153 views

entah kenapa ketika kita berkeliling Indonesia kita akan menemukan suatu fenomena yang hampir pasti ada. apa itu? yak betul sekali. mural liar yang berada di bebatuan sekitar wisata. atau ukuran ukuran tulisan di tembok tembok tempat wisata.

bila kalian berada di kota semarang dan pernah singgah ke gedong songo maka aklaian akan menemukan ukiran ukiran tulisan dibatu candi gedong songo. sangat miris ketika kita melihat karya ribuan tahun ternoda dengan ukuran tangan anak kekinian yang ingin menunjukan eksistensinya. atau kalian bisa juga berjalan ketika mendaki trek gdeong songo maka akan melihat pos penjagaan yang penuh dengan tulisan pilox berisi kata kata kotor yang tercoret rapi di seluruh tembok pos penjagaan.

atau kalian yang pernah berjalalan jalan di curug semirang ungaran maka ketika kalian beristirahat di pondokan persinggahan maka kalian akan menemui tulisan cinta beberapa pasangan yang menulis kata kata cinta maupun menulis nama pasangannya di sekitar tiang pondok persinggahan. sungguh sangat merusak pemandangan yang awalnya sudah bagus kita melihat pemandangan alam yang sangat inah terhampar luas, terkotori oleh coretan anak anak masakini yang ingin menjukan rasa cintanya di ruang yang sangat tidak pas.

bila kalian pernah berkunjung juga ke pantai maron. maka miris hati ini melihat tumpukan sampah yang sangat banyak. bukan hamparan pasir pantai yang lembut yang kita dapat namun kumpulan saampah yang memadati setiap inci tanah. bila dipantai lain kalian bisa membangun istana pasir yang megah, dipantai maron ini kalian bisa membangun istana plastik menggunakan sampah sampah yang berserakan disana. sungguh menjadi fenomena yang sangat menyedihkan.

untuk kalian para pengunjung wisata, ingatlah yang kalian tinggalkan hanya jejak, yang kalian ambil hanya foto, dan yang kalian rusak hanya kebosanan saja bukan yang lain.

author
No Response

Leave a reply "wisata yang tak terjaga"