Video dan foto dalam berkampanye

No comment 233 views

Pilkada  DKI jakarta  sudah berlalu. Dua pasangan anies sandi dan ahok jarot melenggang maju ke putaran kedua pemilihan gubernur di ibu kota, sedangkan pasangan agus silvy harus beristirahat karena mendapatkan perolehan yang diluar ekspektasi. Kita tidak akan membahas siapa yang akan menang di pilkada DKI 2017. Namun yang akan kita bahas adalah sarana sarana yang digunakan oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang ber kontestasi di pilkada DKI.

Segala sesuatu terkait kampanye sekarang disediakan oleh KPU. Baik sarana debat antar pasangan calon. Maupun alat peraga kampanye seperti baliho, spanduk, umbul umbul maupun pamflet pamflet pasangan calon. Nah ketika semua dibuat oleh satu orang lalu apa yang menjadi nilai lebih? Apa yang menjadi beda antara satu pasangan calon dengan calon lainya. Apa iya kita bisa pesan KPU “pak desain kita yang gini ya, desain kita yang gitu ya. Yang ini kurang yang itu kurang” mana mungkin KPU mau mengikuti tindak tanduk permintaan kita. Lha wong dibayar aja engga. Nah disinilah proses kreatif pasangan calon diuji. Apabila spanduk dilarang(red: menggandakan memasang dan membagikan sesuai keinginan) maka sarana yang tidak bisa dibendung oleh KPU adalah sosial media dan dunia Maya. Hampir setiap calon memiliki akun akun sosial media baik facebook, instagram, tumblr, twitter maupun youtube. Mereka dengan bebas mensosialisasikan diri, memaparkan visi dan misi juga bertegur sapa dengan kontituenya. Nah disinilah kontes kreativitas pasangan calon mulai diadu. Siapa yang bisa mengambil hati konstituenya lah yang akan menang. Mari kita bahas apa saja yang mereka gunakan di sosial media

 

FOTO DAN CAPTION

Menurut data terbaru, akun sosial media yang paling pesat pertumbuhanya adalah Instagram. Instagram ini adalah aplikasi berbasis foto dan video yang telah digunakan oleh sekitar 600jt penggunanya dan 60% penggunanya adalah pengguna aktif yang membuka instagram setiap hari nya. Benar benar setiap hari membuka aplikasi instagram. Ini adalah massa yang sangat empuk untuk.mensosialiasikan visi dan misi. Masyarakat instagram lebih menyukai instagram untuk berbagi kreatifitas dan hobi. Untuk itu para calon harus memberikan postingan bergizi berupa konten konten berkelas yang sesuai keinginan masyarakat. Nah disini yang paling berkuasa adalah pasangan anies dan sandi. Masing masing memiliki akun instagram berfollower besar berkisar 300-400 rb. Dan kedua akun official mereka aktif melakukan postingan terkait kegiatan, Keseharian, hobi. Dan selipan kampanye berupa visi misi yang dikemas dengan apik. Akun pasangan lain terkesan tidak upto date. Seperti akun agus hanya memposting 3-4 postingan selama kampanye. Apalagi wakilnya yang hanya memiliki tingkat follower yang rendah. Lalu pasangan ahok jator memiliki akun instagram yang hanya berisi postingan politis yang menurut kami kurang diminati. Namu. Pasangan ini mepunyai dukungan dari banyak selebgram yang memberikan postingan segar yang sesuai dengan masyarakat. Jadi bisa dibilang pasangan ini sedikit posting namun memiliki daya dobrak si instagram yang besar. Mereka menggandeng banyak selebgram untuk beekampanye dengan konsep yang sangat kekinian. Dari sisi caption. Pasangan anies sandi berusaha menghadirkan instagram mereka layaknya instagram orang pada umumnya. Mereka memposting keseharian dengan caption yang cukup unik dan menggelitik. Beberapa greating yang kaku tertutupi dengan caption caption jenaka yang lain nya.
Dari sisi fotografi ahok dan agus memiliki gambar yang lebih bagus karena kebanyakan postingan mereka diambil menggunakan dslr atau kamera profesional lainya. Sedangkan untuk anies sandie postingan mereka secara gambar kurang berseni karena kebanyakan diambil menggunakan smartphone.

 

VIDEO DAN CERITA
Untuk video agus lah yang pertama kali memimpin dengan banyak nya video simple tentang cerita cerita heroik nya ketika memimpin TNI. Namun ditengah perjalanan, konten video agus mengendur bahkan bisa dibilang minim. Untuk ahok mereka memiliki stok yang sangat banyak untuk video baik program mereka ketika menjabat maupun kreasi kreasi video profesional yang dibuat oleh selebritas maupun production house. Kampanye kreatif melalui youtuber seperti cameo project yang jelas menyeru untuk memilih ahok atau ernest yang melalui video singkatnya mengajak memilih menggunakan hati. Untuk anes sandi mereka digawangi oleh pandji yang memulai kampanye dengan vlog tentang bersuara atas pembulian. Lalu video video kreatif lainya seperti xerita anak putus sekolah juga anak yang memilih pacar. Mereka memberikan kampanye yang fresh yang jarang ada si masyarakat. Untuk penggunaan video. Pasangan ahok dan anies sandi unggul dalam konten dan penyebaran.

Mungkin itulah salah satu penyebab mengapa pasangan ahok jarot dan anies sandi melenggang ke putaran kedua pilkada DKI jakarta. Mereka berhasil meraih suara swing voter dengan melakukan kampanye kreatif melalu sosial media. Baik video bercerita maupun foto dengan caption yang menarik. Bagi kalian yang ingin mengkampanyekan sesuatu. Maka buatlah karya yang semenarik mungkin dan se kreatif mungkin. Buatlah foto yang eksotis dan video yang bercerita sekeren mungkin. Karena sekarang sarana untuk berkampanye bukan hanya tulisan. Kalian bebas membuat foto dan video yang kalian inginkan. Tp pesan kami berkreasilah dengan tanggung jawab.

author
No Response

Leave a reply "Video dan foto dalam berkampanye"