Kamera dan keahlian

No comment 174 views

Ya itu goen rock videonya bisa bagus soalnya pake kamera red dragon. Itu radit videonya keren soalnya pake kamera a7s. Chandraliaw bisa cinematic soalnya karena bisa pake a7s juga. Si ini si itu pake ini pake itu. 

Sebenernya kamera memang menunjang performa seorang kameramen. Ada beberapa hal seperti FPS yang tidak mungkin dinaikan. Atau tingkat ISO yang tidak bisa di tambahkan. Namun untuk sebuah video yang bagus, tidak hanya dipengaruhi oleh FPS yang tinggi atau ISO yang fleksibel. 

Untuk membuat video yang baik kita membutuhkan kemampuan framing yang bagus. 

Framing yang bagus bisa menggunakan konsep rule of third Atau konsep tiga bidang. Dimana kita bisa meletakan objek pada sepertiga samping kiri , sepertiga samping kanan atau sepertiga tengah supaya frame diisi oleh background yang mendukung suasana objek.

Kita juga mensiasati background yang cocok untuk mendukung suasana video. Semisal kita ingin video kita terlihat cerah dan bahagia kita bisa mencari background yang berwarna warni dan mencolok. Jika kita ingin mengambil suasana sedih atau muram kita bisa mencari background warna yang berwarna pudar atau sedikit warna.

Susunan lokasi shooting juga mempengaruhi gambar dari video yang kita buat. Jika kita hanya menaruh sembarang barang atau merekam semua barang yang ada maka kita tidak akan mendapat gambarang yang estetik

Untuk mndapatkan gambar yang sinematik kita juga bisa memanfaatkan angle yang pas. Jika kita hanya memotong video kita agar terlihat lebar bisa saja tidak menimbulkan kesan cinematic namun hanya memper kecil frame kita

Kamera movement yang baik juga menunjang bentuk sinematik video kita. Penggunaan zoom, paning dll akan berpengaruh terhadap rasa dari video kita. 

Dan yang pasti semua keahlian itu tidak terdapat pada kamera kita. Namun orang dibalik kamera tersebut. Jadi siapapun yang ingin membuat video yang bagus. Kalian lah pemebuat video tersebut. Entak baik atau buruk hasil dari video kalian maka kalian lah yang menentukan

author
No Response

Leave a reply "Kamera dan keahlian"